Tags

,


Meragukan, bisa jadi, mungkin, entah. Tikus? Si hitam, kotor, dan punya tabiat buruk: sering aduk-aduk dapur dan sampah. Ada kemungkinan, makhluk yang menyesaki ceruk-ceruk got kota-kota besar di tanah air, bukan hanya berasal dari Indonesia. Tikus-tikus got itu bisa jadi adalah tikus impor dari Vietnam dan Amerika Serikat. Apa sebab?

tikus got

tikus got

Invasi Amerika ke Vietnam pada tahun 60-an menjadi awal gelombang migrasi hewan pengerat itu ke Indonesia. Mereka ikut masuk ke dalam kapal-kapal pengangkut bahan makanan dan logistik militer Amerika. Setelah sampai di Vietnam, tikus-tikus tersebut langsung terbiasa dengan kultur agraris vietkong. Bersamaan dengan naiknya permintaan beras impor untuk Indonesia, sekali lagi, tikus gorong-gorong New York itu menyusup ke kapal pengangkut beras menuju Selat Sunda.

Tak jelas, sejak kapan populasi tikus-tikus impor tersebut membludak, mendominasi jumlah hewan pengerat lain, mamalia, di ibukota. Mereka mudah di jumpai di jalanan, got, gang-gang sempit, pemukiman-pemukiman kumuh, dan tempat sampah di seluruh pojok Kota Jakarta. Jika dilihat dari penampilan fisiknya, tikus-tikus impor itu sangat berbeda dengan tikus-tikus lokal. Pun, rival abadinya, kucing, nampak enggan berurusan dengan tikus-tikus impor itu.  

Jika tikus lokal berukuran se-telapak tangan orang dewasa, maka tikus-tikus impor itu besarnya bisa mencapai 2-3 kali lipatnya. Mereka tidak saja besar dalam ukuran, tapi juga susah dimusnahkan. Omnivora itu sangat kuat dan mampu bertahan hidup di lingkungan apapun. Kini kita tahu mengapa kucing garong pun tak mau mengusik mereka. [ ]